Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada PT.Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar
Oleh: Mela Fitriyaningtyas
NIM: 4.44.23.1.15
Prodi : Akuntansi Manajerial
POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
PT.Suracojaya Abadi Motor adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan otomotif, yang memasarkan / mendistribusikan sepeda motor merek Yamaha. PT. Suracojaya Abadi Motor memiliki beberapa dealer yang secara terus menerus dibina dan dipantau perkembangannya baik dalam hal penjualan maupun aktivitas promosi guna meningkatkan brand image dan juga image toko.
Untuk menghadapi ketatnya persaingan perusahaan di bidang otomotif, Maka PT.Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar harus mengelola manajemennya dengan lebih baik lagi. Mengingat manajemen perusahaan adalah salah satu pilar penting dalam perusahaan. Sistem Manajemennya membawahi beberapa bagian, diantaranya Penjualan (sales), Purnajual (Services), dan Manajemen yang mengatur dan memantau kinerja karyawan. Saat ini, PT. Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar telah menggunakan sistem komputerisasi dan telah memiliki website, hanya saja belum direalisasikan untuk semua bagian dan ada beberapa kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki agarPT. Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar dapat bersaing dengan perusahaan otomotif lainnya.
Sistem informasi manajemen merupakan seperangkat alat yang saling menunjang dalam penyampaian data/informasi yang dipergunakan oleh pihak manajemen sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Kebutuhan akan system informasi manajemen saat ini adalah mutlak, karena kebutuhan akan informasi yang didapat secara cepat dan tepat dibutuhkan oleh manusia yang saat ini cenderung mobile dengan kemudahan dalam mengakses data dan informasi yang dibutuhkan saat itu juga. Sistem Informasi Manajemen berbasis web memungkinkan untuk menjawab tantangan tersebut. Hal ini merupakan bagian dari nilai lebih suatu sistem informasi manajemen berbasis web dibandingkan dengan informasi yang ada belum terintegrasi dan dikelola dengan satu kesatuan di sebuah program atau aplikasi.
Melihat kondisi ini, maka Sistem Informasi manajemen berbasis web sangatlah diperlukan untuk mengurangi human error dan agar informasi mengenai produk-produk Yamaha dapat tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran. Dengan adanya sistem informasi manajemen berbasis web, juga diharapkan akan meningkatkan aktivitas perusahaan sebagai perusahaan penjualan motor dan semua proses manajemen pada PT.Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar bisa berjalan dengan lebih baik lagi.
Saat ini, PT.Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar sebenarnya telah memiliki website hanya saja belum di aplikasikan sepenuhnya untuk proses manajemen di perusahaan. Misalnya, pada bagian penjualan (sales), informasi seputar produk sepeda motor dan suku cadang sepenuhnya masih menitikberatkan informasi melalui brosur dan informasi langsung di dealer. Purnajual (service)masih menggunakan manual book service yang dipegang oleh pelanggan. Selain itu, pihak manajemen dan HRD sulit menilai kinerja karyawan secara menyeluruh karena selama ini identifikasi kinerja karyawan hanya di catat satu persatu. Hal-hal tersebutlah yang nanti akan diperbaiki dengan adanya sistem informasi manajemen berbasis web. Sehingga proses manajemen perusahaan dapat berjalan lebih baik lagi.
Adapun sistem yang diusulkan pada PT.Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar yaitu, sebelum pelanggan membeli produk Yamaha, pelanggan terlebih dahulu mencari informasi mengenai produk yang akan dibeli melalui website yang jumlah stock sesuai dengan jumlah yang ada di dealer. Setelah melihat informasi, pelanggan kemudian melakukan transaksi langsung di dealer dengan operator penjualan. Operator penjualan kemudian menginput data pelanggan dan penjualan ke sistem. Setelah proses transaksi berlangsung, pelanggan dapat melakukan proses purnajual (service) yang ditangani oleh operator service. Selain beberapa proses tersebut, pada website terdapat juga proses penilaian kinerja sales yang ditangani olehHRD. Kemudian proses yang paling terakhir yaitu proses penyusunan laporan yangmeliputi laporan penilaian karyawan, laporan penjualan dan laporan service.
Perbedaan antara sistem yang sudah ada dengan sistem yang diusulkan yaitu, Sistem yang diusulkan ini memiliki 3 modul utama yaitu proses penjualan, purnajual dan manajemen kinerja karyawan. Pada sistem yang diusulkan pelanggan akan dipermudah dimana untuk melihat informasi seputar stok dan spek produk, pelanggan cukup mengakses website dan akan mendapatkan informasi real sesuai stok di dealer. Operator penjulan dan Operator service juga dipermudah dengan fitur-fitur yang disedikan untuk menginput dan mengupdate data pelanggan yang melakukan transaksi pada PT. Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar. Selain itu, dengan adanya sistem yang diusulkan akan mempermudah pihak Manajemen dan HRD perusahaan dalam melihat laporan kinerja karyawan, laporan penjualan dan laporan service. Namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari web tersebut diantarannya:
1. Untuk Informasi produk bagi pelanggan (customer) sebaiknya di desain lebih baik lagi untuk bisa menarik lebih banyak pengunjung.
2. Menambah fitur pemesanan online sebelum melakukan transaksi secara langsung di dealer.
3. Menambah fitur booking online pada pelayanan purnajual (service).
Dengan membuat sistem informasi manajemen ini dapat sangat membantu pihak perusahaan dalam menjalankan sistem manajemen perusahaan melalui sistem informasi manajemen berbasis web. Pelanggan (customer) juga dapat mencari informasi mengenai produk-produk yang ada di Yamaha dengan cepat hanya melalui website.
Dikutip dari : https://core.ac.uk/download/pdf/198216329.pdf
Apriliani , A.(2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pada PT.Suracojaya Abadi Motor (Yamaha) Makassar ( Skripsi Sarjana,UIN Alauddin Makassar). UIN Alauddin Makassar Repository. https://core.ac.uk/download/pdf/198216329.pdf
Komentar
Posting Komentar